Ujian Tahsin Muslimah Divisi Keakhwatan Dar el-Iman Berlangsung Sukses

waktu baca 2 menit
Selasa, 21 Mar 2023 19:50 0 166 admin

Kabasurau.co.id. Ujian Mid Semester Halaqah Al Quran Tahsin Muslimah Divisi Keakhwatan Dar el-Iman dilaksanakan pada tanggal 11-12 Maret dan 18-19 Maret 2023. Kegiatan ini berlangsung di tiga lokasi, yaitu Masjid Al Hakim, Sekretariat Tahsin Muslimah, dan Sekretariat Divisi Keakhwatan Dar el-Iman, yang terletak di Jalan Komplek BPKP, Kampung Olo, Kecamatan Nanggalo. Sebanyak 400 peserta Tahsin Muslimah mengikuti ujian ini, yang melibatkan para musyrifah Tahsin Muslimah sebagai panitia dan penguji. Tujuan dari ujian ini adalah untuk mengevaluasi kemampuan para peserta Tahsin Muslimah dalam penguasaan teori ilmu tajwid dan praktek tilawah. Acara berlangsung dengan lancar dan tertib.

Para peserta Tahsin Muslimah harus mengikuti ujian teori ilmu tajwid dan ujian praktek tilawah sebagai bagian dari proses pembelajaran Tahsin Muslimah. Kegiatan ujian mid semester ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan selama masa pembelajaran. Kedepannya, diharapkan pelaksanaan ujian mid semester dan ujian semester dapat dilaksanakan serentak dalam dua hari saja di lokasi ujian yang lebih memadai lagi.

Divisi Keakhawatan bermula dari kajian mahasiswi yang diadakan di rumah Ustadz Muhammad Elvi Syam pada tahun 2006-2008. Kajian ini bertujuan untuk mempelajari bahasa Arab, menghafal hadist Arbain, dan kitab Umdatul Ahkam. Pada tahun 2009, kajian berpindah tempat dari rumah Ustadz Muhammad Elvi Syam ke TKIT Dar El Iman Sawahan. Seiring bertambahnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan, Divisi Keakhawatan membentuk beberapa unit dibawah kepemimpinan ketua Divisi Keakhawatan saat ini Irma Nurhayati, yaitu Unit Kajian Muslimah, Unit Pendidikan, Unit Sosial, Unit Humas, dan Unit Usaha.

Visi dari Divisi Keakhawatan adalah “Menjadi pusat da’wah muslimah di kota Padang pada khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya, yang mengajak muslimah kepada pemahaman agama yang benar sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah berdasarkan pemahaman salafussholeh.” Sementara itu, misi Divisi Keakhawatan adalah menyelenggarakan kajian-kajian ilmiah khusus muslimah, menyelenggarakan pendidikan non formal tahsin al-Qur’an, tahfidz al-Qur’an, dan bahasa Arab khusus muslimah, serta menyelenggarakan kegiatan sosial seperti penyelenggaraan jenazah muslimah, takziah, dan kunjungan sosial.

Sumber: https://www.kabasurau.co.id/ujian-tahsin-muslimah-divisi-keakhwatan-dar-el-iman-berlangsung-sukses/

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?