Kutipan Harian, Edisi: Kamis, 25 Mei 2023

waktu baca 2 menit
Kamis, 25 Mei 2023 11:51 0 244 admin

๐Ÿ”ฐ ๐Š๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ”ฐ
๐Ÿ—“๏ธ ๐„๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐Š๐š๐ฆ๐ข๐ฌ, ๐Ÿ“ ๐ƒ๐ณ๐ฎ๐ฅ ๐๐จ’๐๐š๐ก ๐Ÿ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ’ ๐‡ / ๐Ÿ๐Ÿ“ ๐Œ๐ž๐ข ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐Œ
๐Ÿ“ ๐˜๐š๐ฒ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ซ ๐ž๐ฅ-๐ˆ๐ฆ๐š๐ง ๐๐š๐๐š๐ง๐ 

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ“Œ ๐—จ๐˜‡๐˜‚๐—ฟ๐—บ๐˜‚ ๐—›๐—ฎ๐—ป๐˜†๐—ฎ ๐—ฆ๐—ฎ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ถ ๐—จ๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐Ÿฒ๐Ÿฌ ๐—ง๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป


๐Ÿ“ Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam, beliau bersabda,

ย ุฃูŽุนู’ุฐูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงู…ู’ุฑูู‰ุกู ุฃูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ุฃูŽุฌูŽู„ูŽู‡ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุจูŽู„ูŽุบูŽ ุณูุชู‘ููŠู’ู†ูŽ ุณูŽู†ุฉู‹

โ€œAllah tidak lagi menerima udzur (alasan) dari seseorang, setelah Dia menangguhkan umurnya hingga mencapai enam puluh tahun.โ€

๐Ÿ“š HR. Al-Bukhari, no. 6419


โœ’ ๐…๐š๐ž๐๐š๐ก ๐‡๐š๐๐ข๐ฌ๐ญ
Hadist ini memberikan faedah-faedah berharga, di antaranya:

  1. Allah โ€˜Azza wa Jalla jika memberi kesempatan usia kepada seseorang hingga enam puluh tahun, maka tidak ada argumen lagi baginya untuk tidak beriman atau enggan beramal, karena ia hidup selama enam puluh tahun banyak mengetahui ayat Allah Taโ€™ala, apalagi jika ia hidup dalam negeri Islam, tentu merupakan argumen yang kuat tidak ada lagi alasan baginya jika bertemu dengan Allah Taโ€™ala kelak.
  2. Luasnya rahmat Allah Taโ€™ala kepada para hambanya, di mana banyak di antara mereka dipanjangkan umurnya agar mau menerima nasihat dan bertaubat.
  3. Sejatinya Allah Taโ€™ala tidak mengazab dan menghukum setiap hamba kecuali setelah ditegakkan hujjah atasnya. Karena Allah Yang Mahahikmah telah menganugerahkan akal dan pemahaman, mengutus rasul, dan risalah yang abadi hingga hari Kiamat kelak, karena risalah-risalah yang dahulu adalah terbatas untuk kaumnya saja, dan setiap Rasul yang datang itu menghapuskan risalah yang sebelumnya. Adapun umat ini Allah Taโ€™ala telah mengutus kepadanya Nabi Muhammad shallallahu โ€˜alaihi wa sallam sebagai penutup para Nabi dan ajarannya berlaku sampai hari kiamat.
  4. Seseorang yang telah mencapai usia enam puluh tahun, tidak ada lagi alasan baginya sama sekali untuk tidak sempat belajar, kesempatan yang diberikan lebih dari cukup, karena dalam ajaran agama Islam, diwajibkan bagi setiap orang mempelajari syariat yang ia butuhkan dalam hidup ini, semisal shalat, zakat, puasa, haji, jual beli, dan yang lain sesuai kebutuhannya.
  5. Sempurnanya umur seseorang menjadi 60 tahun adalah tanda bahwa ajalnya semakin dekat, karena secara umum rata-rata umur umat Rasul yang terakhir adalah berkisar 60-70 tahun, dan sedikit yang melewati usia ini.

Wallahu Taโ€™ala Aโ€™lam.

Referensi Utama:
Syarah Riyadhus Shalihin karya Syaikh Shalih al Utsaimin, & Kitab Bahjatun Naazhiriin Syarh Riyaadhish Shaalihiin karya Syaikh Salim bin โ€˜Ied Al Hilaliy.


โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ”— Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.

_

๐Ÿ“ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid
๐Ÿ“ท Facebook :
facebook.com/dareliman
๐ŸŒ Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?