Kutipan Harian, Edisi: Selasa, 01 Agustus 2023

waktu baca 2 menit
Selasa, 1 Agu 2023 06:11 0 193 admin

๐Ÿ”ฐ ๐Š๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข๐š๐ง ๐Ÿ”ฐ
๐Ÿ—“ ๐„๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐’๐ž๐ฅ๐š๐ฌ๐š, ๐Ÿ๐Ÿ’ ๐Œ๐ฎ๐ก๐š๐ซ๐ซ๐š๐ฆ ๐Ÿ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ“ ๐‡ / ๐Ÿ ๐€๐ ๐ฎ๐ฌ๐ญ๐ฎ๐ฌ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐Œ
๐Ÿ“ ๐˜๐š๐ฒ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ซ ๐ž๐ฅ-๐ˆ๐ฆ๐š๐ง ๐๐š๐๐š๐ง๐ 

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ“Œ ๐—จ๐—ฟ๐—ด๐—ฒ๐—ป๐˜€๐—ถ ๐—ก๐—ฎ๐˜€๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐˜ ๐—•๐—ฎ๐—ด๐—ถ ๐—ž๐—ฎ๐˜‚๐—บ ๐— ๐˜‚๐˜€๐—น๐—ถ๐—บ๐—ถ๐—ป

๐Ÿ“ Dari Jarir bin Abdullah radhiyallahu anhu dia berkata :

ุจูŽุงูŠูŽุนู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰: ุฅูู‚ูŽุงู…ู ุงู„ุตู‘ูŽู„ูŽุงุฉูุŒ ูˆูŽุฅููŠุชูŽุงุกู ุงู„ุฒู‘ูŽูƒูŽุงุฉูุŒ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูุตู’ุญู ู„ููƒูู„ู‘ู ู…ูุณู’ู„ูู…ู

“Aku berbaiโ€™at (berjanji setia) kepada Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam untuk; mendirikan shalat, membayar zakat dan memberi nasihat kepada setiap muslim.”

๐Ÿ“š HR. Al-Bukhari, no. 57 dan Muslim, no. 56


๐™๐™–๐™š๐™™๐™–๐™ ๐™ƒ๐™–๐™™๐™ž๐™จ๐™ฉ
Hadist ini memberikan faedah – faedah berharga, di antaranya;

1. Pentingnya nasihat bagi kehidupan setiap muslim, oleh karena itu di antara janji para sahabat kepada Nabi ketika baiโ€™at adalah berusaha menasihati kaum muslimin.

2. Ingat shalat wajib 5 waktu dalam setiap keadaan, jangan pernah melalaikan dan meninggalkannya. Karena perkaranya berat, itu adalah janji yang harus dipegang oleh setiap orang yang mengaku muslim.

3. Agama Islam sangat memperhatikan ibadah sosial, yaitu ibadah yang berhubungan dengan harta. Karena seorang muslim mengelurkan harta yang disukainya dan diberikan kepada orang-orang yang berhak, mereka yang telah ditentukan untuk menerima harta zakat.

Semua ini dilakukan karena tunduk dan setia dengan ajaran syariat yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam.

4. Ingatlah maksud nasihat itu adalah ingin orang lain menjadi baik. Jadi dasarilah niat setiap nasihat seperti itu. Jangan pernah memberi nasehat untuk tujuan merendahkan yang lain, atau ingin menjatuhkan saudaranya. Sebagaimana kata Al Khattabi rahimahullah,

ุงู„ู†ุตูŠุญุฉู ูƒู„ู…ุฉูŒ ูŠูุนุจุฑ ุจู‡ุง ุนู† ุฌู…ู„ุฉ ู‡ูŠ ุฅุฑุงุฏุฉู ุงู„ุฎูŠุฑู ู„ู„ู…ู†ุตูˆุญ ู„ู‡

โ€œNasehat adalah kalimat ungkapan yang bermakna memberikan kebaikan kepada yang dinasehatiโ€ (Jamiโ€™ul โ€˜Ulum wal Hikam, 1/219).

5. Para sahabat Nabi adalah sahabat yang setia, jika telah mengambil baiโ€™at dan janji setia pada perkara tertentu, maka mereka berusaha menepatinya dengan sekuat tenaga dan harapan.

6. Nasehat itu adalah engkau suka jika saudaramu memiliki apa yang kau miliki. Engkau bahagia sebagaimana engkau ingin yang lain pun bahagia. Engkau juga merasa sakit ketika mereka disakiti. Engkau bermuamalah (bersikap baik) dengan mereka, sebagaimana engkau pun suka diperlakukan seperti itu.

Wallahu Taโ€™ala Aโ€™lam.

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ”— Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.

_

๐Ÿ“ช Telegram :
t.me/DarelimanOfficial
๐Ÿ“ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid
๐Ÿ“ท Facebook :
facebook.com/dareliman
๐ŸŒ Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Artikel Terbaru

    โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.โ€
    (QS. An Nahl: 97)

    โ€œMungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.โ€
    (QS. An-Nisaโ€™: 19).

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?