Kutipan Harian, Edisi: Sabtu, 28 Oktober 2023

waktu baca 2 menit
Sabtu, 28 Okt 2023 14:50 0 149 admin

๐Ÿ”ฐ๐Š๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข๐š๐ง๐Ÿ”ฐ
๐Ÿ—“ ๐„๐๐ข๐ฌ๐ข :ย  ๐’๐š๐›๐ญ๐ฎ, ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐‘๐š๐›๐ข’๐ฎ๐ฅ ๐€๐ค๐ก๐ข๐ซ ๐Ÿ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ“ ๐‡ / ๐Ÿ๐Ÿ– ๐Ž๐ค๐ญ๐จ๐›๐ž๐ซ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐Œ
๐Ÿ“๐˜๐š๐ฒ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ซ ๐ž๐ฅ-๐ˆ๐ฆ๐š๐ง

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ“Œ ๐—•๐—˜๐—ฅ๐—”๐— ๐—”๐—Ÿ ๐—ž๐—”๐—ฅ๐—˜๐—ก๐—” ๐—”๐—Ÿ๐—Ÿ๐—”๐—› ๐—ง๐—”โ€™๐—”๐—Ÿ๐—” ๐—•๐—จ๐—ž๐—”๐—ก ๐— ๐—”๐—ก๐—จ๐—ฆ๐—œ๐—”

Ketika seorang muslim selamat dari Syirik Akbar yaitu menyekutukan Allah Taโ€™ala, sehingga dia tidak menyembah tuhan lainnya. Syaitan tidak akan membiarkannya begitu saja, Syaitan akan mendatanginya dan mengganggu niatnya dalam beribadah, sehingga melakukan Syirik Ashgar, seperti Riya dan Sumโ€™ah.

Riya, yaitu beribadah karena ingin dilihat oleh orang-orang bahwa dia melakukan ibadah tersebut. Sehingga niatnya tidak lagi tulus ingin mendapatkan ridha Allah Taโ€™ala namun ingin menerima pujian atau pengakuan dari manusia.

Dan Sumโ€™ah yaitu beribadah karena ingin didengar sehingga mendapatkan pujian atau pengakuan, contoh: Sengaja mengangkat suara ketika mengaji karena ingin didengar orang-orang bahwa suaranya bagus.

Dua keadaan di atas sungguh merugikan, bahwa ibadah yang mereka kerjakan tidak mendapatkan pahala dari Allah Taโ€™ala, justru mendapatkan dosa dibalik keinginan mereka mendapatkan pujian.

๐ŸŽ™ Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุบู’ู†ูŽู‰ ุงู„ุดูู‘ุฑูŽูƒูŽุงุกู ุนูŽู†ู ุงู„ุดูู‘ุฑู’ูƒู ู…ูŽู†ู’ ุนูŽู…ูู„ูŽ ุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ุฃูŽุดู’ุฑูŽูƒูŽ ูููŠู‡ู ู…ูŽุนููŠ ุบูŽูŠู’ุฑููŠ ุชูŽุฑูŽูƒู’ุชูู‡ู ูˆูŽุดูุฑู’ูƒูŽู‡ู

โ€œAllah Taโ€™ala berfirman ; โ€œAku sangat tidak membutuhkan sekutu. Barangsiapa beramal dengan suatu amalan, dia menyekutukan selain Aku bersama-Ku pada amalan itu, Aku tinggalkan dia dan sekutunya.โ€

๐Ÿ“š HR Muslim


Allah Taโ€™ala berfirman:

ููŽู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฑู’ุฌููˆ ู„ูู‚ูŽุงุกูŽ ุฑูŽุจูู‘ู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู‹ุง ุตูŽุงู„ูุญู‹ุง ูˆูŽู„ูŽุง ูŠูุดู’ุฑููƒู’ ุจูุนูุจูŽุงุฏูŽุฉู ุฑูŽุจูู‘ู‡ู ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง

โ€œBarangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang shalih dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Rabb-nyaโ€

[Al-Kahfi/18 : 110]

Dan orang-orang yang beribadah karena riya dan sumโ€™ah ini berpotensi dapat meninggalkan ibadah yang dilakukannya jika tidak mendapatkan apa yang dia mau dari pujian, atau justru mendapatkan cercaan, seperti orang yang berderma ingin dicap sebagai dermawan.

Oleh karena itu, kerjakanlah amal ibadah karena dia adalah perintah Allah Taโ€™ala dan Rasul-Nya, bukan dengan niat lain untuk ini atau itu.

Karena sesungguhnya kita semua yang membutuhkan pahala dari ibadah tersebut di akhirat, sedangkan keuntungan duniawi hanyalah fana.

Simak ucapan berikut:

โ€œูŠุฑุงูƒ ุงู„ู†ุงุณ ูˆูŠุฑูˆู† ุนู…ู„ูƒ ุจุนูŠู†ูŠู†: ุนูŠู† ุงู„ุฑุถุง ูˆุนูŠู† ุงู„ุณุฎุทุ› ูุฅุฐุง ุฑุถูˆุง ุนู†ูƒ ู…ุฏุญูˆูƒุŒ ูˆุฅุฐุง ุณุฎุทูˆุง ุนู„ูŠูƒ ุนุงุจูˆูƒ. ูู„ุง ุชุณุน ู„ู…ุฏุญู‡ู…ุŒ ูˆู„ุง ุชุดู‚ ู„ุฐู…ู‡ู…. ูˆุงุนู…ู„ ู„ู„ู‡ุŒ ูู‚ุฏ ุฃูู„ุญ ู…ู† ุชูˆู„ุงู‡โ€.

โ€œOrang-orang melihatmu dan amalanmu dengan 2 mata: Mata Senang dan Mata Benci. Ketika mereka senang, maka akan memujimu, ketika tidak suka maka akan menjelekkanmu. Untuk itu jangan berusaha untuk mendapatkan pujian mereka, dan jaga pusing dengan cacian mereka. Beramal lah karena Allah Taโ€™ala, sungguh akan beruntung orang yang ditolong oleh Allah Taโ€™ala.

(Syaikh DR Salih Al Ushaimi di www. j-eman.net)

Semoga Allah Taโ€™ala menerima amal shalih kita dan menjauhkan kita dari jeleknya Riya dan Sumโ€™ah.

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ”— Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.
_

๐Ÿ“ช Telegram :
t.me/DarelimanOfficial
๐Ÿ“ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid
๐Ÿ“ท Facebook :
facebook.com/dareliman
๐ŸŒ Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Artikel Terbaru

    โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.โ€
    (QS. An Nahl: 97)

    โ€œMungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.โ€
    (QS. An-Nisaโ€™: 19).

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?