Kutipan Harian, Edisi: Kamis, 16 November 2023

waktu baca 3 menit
Kamis, 16 Nov 2023 07:52 0 152 admin

๐Ÿ”ฐ๐Š๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข๐š๐ง๐Ÿ”ฐ
๐Ÿ—“ ๐„๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐Š๐š๐ฆ๐ข๐ฌ, ๐ŸŽ๐Ÿ ๐‰๐ฎ๐ฆ๐š๐๐ข๐ฅ ๐”๐ฅ๐š ๐Ÿ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ“ ๐‡ / ๐Ÿ๐Ÿ” ๐๐จ๐ฏ๐ž๐ฆ๐›๐ž๐ซ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐Œ
๐Ÿ“๐˜๐š๐ฒ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ซ ๐ž๐ฅ-๐ˆ๐ฆ๐š๐ง

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ“Œ ๐—ฃ๐—˜๐—ง๐—”๐—ž๐—” ๐—ฃ๐—”๐—ก๐—๐—”๐—ก๐—š ๐—”๐—ก๐—š๐—”๐—ก-๐—”๐—ก๐—š๐—”๐—ก

๐ŸŽ™ Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah mengatakan :

“Kelalaian seseorang dari kematian, padahal pasti ia akan merasakannya, merupakan hal yang mencengangkan. Penyebabnya adalah panjang angan-angan.”

๐Ÿ“š Lathaif al-Maโ€™arif hlm. 126

Sebuah penyakit kronis yang sering menimpa orang yang lemah iman dan tipisnya rasa takut pada Allah Taโ€™ala. Terlebih lagi setan laknatullah terus memprovokasi otak dan hati kita untuk merasakan kelezatan hingga ia seolah-olah akan hidup seribu tahun. Pikirannya disibukkan untuk merancang masa depan yang terlalu jauh seperti harus kuliah, lantas bekerja, memiliki fasilitas hidup seperti rumah mewah, perabot, kendaraan, baru menikah. Nyaris detik menit dan hari-harinya berputar sekitar dunia tanpa diiringi bagaimana merancang kehidupan dunia dan akhirat dengan berpedoman pada perintah-Nya.

Saat dikatakan: โ€œsegeralah mengejar ketinggalanmu dalam meraih nikmat dan indahnya beramal shalihโ€. Mereka berkata: โ€œUsiaku masih begitu muda harus dinikmati, nanti saja beribadah ketika menjelang senjaโ€. Siapa yang menjamin umur kita panjang? Setan selalu membisikkan manusia untuk menunda-nunda beramal shalih. Berbagai dalih seolah membuat para pencinta dunia terpesona gebyar fatamorgana yang sejatinya sangat membinasakan.

๐™‡๐™–๐™ฃ๐™ฉ๐™–๐™จ ๐™–๐™ฅ๐™– ๐™ ๐™ž๐™–๐™ฉ ๐™ฉ๐™–๐™ ๐™ฉ๐™ž๐™จ ๐™–๐™œ๐™–๐™ง ๐™ฉ๐™ž๐™™๐™–๐™  ๐™ฉ๐™š๐™ง๐™Ÿ๐™š๐™ง๐™ช๐™ข๐™ช๐™จ ๐™ฅ๐™–๐™™๐™– ๐™ฅ๐™–๐™ฃ๐™Ÿ๐™–๐™ฃ๐™œ ๐™™๐™š๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™–๐™ฃ?

1. Menyadari hakikat dunia

Dunia hanyalah tempat pesinggahan sementara, ia ibarat mimpi sedangkan akhirat adalah kepastian dan tujuan hidup yang sesungguhnya. Fudhail bin Iyadh berkata, โ€Sekiranya dunia itu emas yang segera fana dan akhirat seperti tembikar yang akan kekal maka seyogyanya engkau memiliki tembikar yang kekal daripada emas yang akan segera fana. Lantas, bagaimana sekiranya dunia itu sebuah tembikar yang akan segera fana, sedangkan akhirat adalah emas yang kekalโ€ (Mukasyafatul Qulub, hal 127).

2. Menjadikan akhirat sebagai obsesi terbesar

Dalam hadis dikatakan: โ€Barangsiapa obsesinya akhirat maka Allah akan mengumpulkan urusannya yang terserak, menjadikannya kecukupannya dalam hati dan dunia akan datang kepadanya dalam keadaan tunduk. Barangsiapa obsesinya adalah dunia maka Allah akan mencerai beraikan urusannya, menjadikan kefakiran didepan matanya dan ia hanya akan mendapatkan dunia apa yang telah ditentukan oleh Allah untuknyaโ€ (HR. Ibnu Majah, dari Zaid bin Tsabit. Dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jamiโ€™ Ash Shoghir no. 6392).

3. Mengingat kematian

Kematian adalah nasihat bagi orang merindukan akhirat pemutus segala nikmat. Betapa banyak angan-angan yang hancur karena ajal telah tiba. Beliau berwasiat : โ€œRasulullah pernah membuat sebuah garis seraya bersabda, โ€ini adalah manusia lalu beliau membuat garis lagi di sampingnya seraya berkata, โ€Ini adalah ajalnyaโ€. Lalu beliau membuat garis lain yang jauh dari garis sebelumnya serta bersabda,โ€Ini adalah angan-angannya. โ€Ketika ia berada seperti itu tiba-tiba datanglah garis yang paling dekat (ajalnya)โ€ (HR. Bukhari).

๐Ÿ“ Sebagai orang beriman tentunya kita berobsesi meraih kecintaan Allah Taโ€™ala menjadi Muttaqin (orang yang bertaqwa_red) dihindarkan dari azab kubur diselamatkan dari neraka dan menjadi penghuni surga.

Ini bukan sekedar angan-angan semu namun kita harus beramal, bersemangat, meraih kemuliaan dan menapaki jalan menuju cita-cita yang diridhai-Nya. Semoga Allah memudahkannya. Amin.

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ”— Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.
_

๐Ÿ“ช Telegram :
t.me/DarelimanOfficial

๐Ÿ“ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid

๐Ÿ“ท Facebook :
facebook.com/dareliman

๐ŸŒ Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Artikel Terbaru

    โ€œBarangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik.โ€
    (QS. An Nahl: 97)

    โ€œMungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.โ€
    (QS. An-Nisaโ€™: 19).

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?