Kutipan Harian, Edisi: Senin, 12 Februari 2024

waktu baca 2 menit
Minggu, 11 Feb 2024 22:20 0 47 admin

♻ Free share ❌ no crop 📲 Follow: @ydeiorid 📥 Poster: @DarelimanOfficial🔰 𝐊𝐮𝐭𝐢𝐩𝐚𝐧 𝐇𝐚𝐫𝐢𝐚𝐧 🔰
🗓 𝐄𝐃𝐈𝐒𝐈 : 𝐀𝐡𝐚𝐝, 𝟎𝟐 𝐒𝐲𝐚’𝐛𝐚𝐧 𝟏𝟒𝟒𝟓 𝐇 / 𝟏𝟐 𝐅𝐞𝐛𝐫𝐮𝐚𝐫𝐢 𝟐𝟎𝟐𝟒 𝐌
📍 𝐘𝐚𝐲𝐚𝐬𝐚𝐧 𝐃𝐚𝐫 𝐞𝐥-𝐈𝐦𝐚𝐧

•┈┈┈┈•✿❁✿•┈┈┈┈•

📌 𝗦𝗔𝗟𝗜𝗡𝗚 𝗕𝗘𝗥𝗧𝗔’𝗔𝗪𝗨𝗡

Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kita untuk saling berta’awun (bekerja sama) di dalam kebajikan dan ketakwaan, dan melarang dari saling berta’awun di dalam perbuatan dosa dan permusuhan. Allah Jalla wa ‘Ala berfirman.

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” (al-Ma’idah/5:2)

Ta’awun yang syar’i di dalam kebajikan dan ketakwaan merupakan kalimat yang mencakup seluruh kebajikan, yang akan membawa kebaikan bagi masyarakat muslim dan keselamatan dari keburukan serta sadarnya individu akan peran tanggung jawab yang diemban di atas bahunya. Karena ta’awun di dalam kehidupan umat merupakan manifestasi dari kepribadiannya dan merupakan pondasi di dalam membina perabadan umat.

Al-Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah berkata di dalam Tafsir Al-Qur’anil Azhim (II/7) menafsirkan ayat diatas al-Ma’idah/5:2 : “Allah Ta’ala memerintahkan hamba-hamba-Nya yang mukmin agar saling berta’awun di dalam aktivitas kebaikan yang mana hal ini merupakan al-Birr (kebajikan) dan agar meninggalkan kemungkaran yang mana hal ini merupakan at-Taqwa. Allah melarang mereka dari saling bahu membahu di dalam kebatilan dan tolong menolong di dalam perbuatan dosa dan keharaman.”

Termasuk dalam pengertian ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim di dalam Shahih-nya dari hadits Tamim ad-Dari Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alahi wa salam bersabda : “Agama itu nasehat”, beliau ditanya : “Bagi siapa wahai Rasulullah?”, Rasulullah menjawab : “Bagi Allah, Kitab-Nya, Rasul-Nya, pemimpin kaum muslimin dan masyarakat umum.”

Referensi : https://almanhaj.or.id/2038-antara-taawun-syari-dan-hizbi.html
_
📪 Telegram :
t.me/DarelimanOfficial
📷 Instagram :
instagram.com/ydeiorid
📷 Facebook :
facebook.com/dareliman
🌐 Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?