๐ฐ ๐๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข๐๐ง๐ฐ
๐๏ธ ๐๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐๐ฎ๐ฆ’๐๐ญ, ๐๐ ๐๐๐ฆ๐๐๐ก๐๐ง ๐๐๐๐ ๐ / ๐ ๐๐ฉ๐ซ๐ข๐ฅ ๐๐๐๐ ๐
๐ ๐๐๐ฒ๐๐ฌ๐๐ง ๐๐๐ซ ๐๐ฅ-๐๐ฆ๐๐ง ๐๐๐๐๐ง๐
โขโโโโโขโฟโโฟโขโโโโโข
๐ ๐๐๐ ๐จ ๐๐๐๐๐๐ ๐ฃ๐๐ ๐๐ ๐ฃ๐๐ก ๐๐ ๐๐๐๐ก
๐ Muโadz bin Jabal โradhiyallahu โanhu- mengatakan :
ุงูุนูููู
ู ุฅูู
ูุงู
ู ุงูุนูู
ููู ููุงูุนูู
ููู ุชูุงุจูุนููู
โIlmu adalah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang setelah adanya ilmu.โ
๐ Al Amru bil Maโruf wan Nahyu โanil Mungkar,ย hal. 15
Ulama hadits terkemuka, yakni Al Bukhari berkata,ย โAlย โIlmu Qoblal Qouli Wal โAmaliย (Ilmu Sebelum Berkata dan Berbuat)โ. Perkataan ini merupakan kesimpulan yang beliau ambil dari firman Allahย taโala,
ููุงุนูููู
ู ุฃูููููู ููุง ุฅููููู ุฅููููุง ุงูููููู ููุงุณูุชูุบูููุฑู ููุฐูููุจููู
โMaka ilmuilah (ketahuilah)! Bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamuโย (QS. Muhammad [47]: 19).
Dalam ayat ini, Allah memulai dengan โilmuilahโ lalu mengatakan โmohonlah ampunโ. Ilmuilah yang dimaksudkan adalah perintah untuk berilmu terlebih dahulu, sedangkan โmohonlah ampunโ adalah amalan. Ini pertanda bahwa ilmu hendaklah lebih dahulu sebelum amal perbuatan.
Ibnul Munirย rahimahullahย berkata, โYang dimaksudkan oleh Al Bukhari bahwa ilmu adalah syarat benarnya suatu perkataan dan perbuatan.ย Suatu perkataan dan perbuatan itu tidak teranggap kecuali dengan ilmu terlebih dahulu. Oleh sebab itulah, ilmu didahulukan dari ucapan dan perbuatan, karena ilmu itu pelurus niat. Niat nantinya yang akan memperbaiki amalan.โ (Fathul Bari, 1/108)
๐๐ฒ๐๐๐ฎ๐บ๐ฎ๐ฎ๐ป ๐๐๐ฎ๐ฟ ๐๐ถ๐ฎ๐๐ฎ ๐๐น๐บ๐ ๐ฆ๐๐ฎ๐ฟโ๐ถ
- Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu di akhirat dan di dunia
- Seorang yang berilmu adalah cahaya yang banyak dimanfaatkan manusia untuk urusan agama dan dunia mereka
- Ilmu adalah warisan Para Nabi
- Orang yang berilmu yang akan mendapatkan seluruh kebaikan
๐๐น๐บ๐ ๐๐ฎ๐ป๐ด ๐ช๐ฎ๐ท๐ถ๐ฏ ๐๐ถ๐ฝ๐ฒ๐น๐ฎ๐ท๐ฎ๐ฟ๐ถ ๐๐ฒ๐ฏ๐ถ๐ต ๐๐ฎ๐ต๐๐น๐
Ilmu yang wajib dipelajari bagi manusia adalah ilmu yang menuntut untuk diamalkan saat itu, adapun ketika amalan tersebut belum tertuntut untuk diamalkan maka belum wajib untuk dipelajari. Jadi ilmu mengenai tauhid, mengenai 2 kalimat syahadat, mengenai keimanan adalah ilmu yang wajib dipelajari ketika seseorang menjadi muslim, karena ilmu ini adalah dasar yang harus diketahui.
Kemudian ilmu mengenai shalat, hal-hal yang berkaitan dengan shalat, seperti bersuci dan lainnya, merupakan ilmu berikutnya yang harus dipelajari. Kemudian ilmu tentang hal-hal yang halal dan haram, ilmu tentang muamalah dan seterusnya.
๐ฃ๐ฒ๐ป๐๐๐๐ฝ
Marilah kita awali setiap keyakinan dan amalan dengan ilmu agar luruslah niat kita dan tidak terjerumus dalam ibadah yang tidak ada tuntunan (aliasย bidโah). Ingatlah bahwa suatu amalan yang dibangun tanpa dasar ilmu malah akan mendatangkan kerusakan dan bukan kebaikan.
Di samping itu pula, setiap ilmu hendaklah diamalkan agar tidak serupa dengan orang Yahudi. Sufyan bin โUyainah โrahimahullah- mengatakan,
ู
ููู ููุณูุฏู ู
ููู ุนูููู
ูุงุฆูููุง ููุงูู ููููู ุดูุจููู ู
ููู ุงูููููููุฏู ููู
ููู ููุณูุฏู ู
ููู ุนูุจูุงุฏูููุง ููุงูู ููููู ุดูุจููู ู
ููู ุงููููุตูุงุฑูู
โOrang berilmu yang rusak (karena tidak mengamalkan apa yang dia ilmui) memiliki keserupaan dengan orang Yahudi. Sedangkan ahli ibadah yang rusak (karena beribadah tanpa dasar ilmu) memiliki keserupaan dengan orang Nashrani.โ (Majmuโ Al Fatawa, 16/567)
Semoga Allah senantiasa memberi kita taufik agar setiap amalan kita menjadi benar karena telah diawali dengan ilmu terlebih dahulu. Semoga Allah memberikan kita ilmu yang bermanfaat, amal yang sholeh yang diterima, dan rizki yang thoyyib.
โขโโโโโขโฟโโฟโขโโโโโข
๐ Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.
_
๐ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid
๐ท Facebook :
facebook.com/dareliman
๐ Website :
dareliman.or.id
Tidak ada komentar