Pendidikan

SDIT Dar el-Iman Terapkan Pembelajaran Projek P5, Makan Bajamba

Dareliman.or.id: SDIT Dar el-Iman menerapkan pembelajaran projek P5 dalam kurikulum merdeka, dengan tema Makan Bajamba, Kamis (1/12/2022). Kegiatan ini berlangsung di Gedung SDIT Dar el-Iman 1, jalan Gunung Juaro, Surau Gadang, Nanggalo, Padang.

Projek P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, P5 merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek. Rancangan kegiatan ini untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila. Kemudian penyusunannya berdasarkan standar kompetensi lulusan.

Pihak SDIT Dar el-Iman menjelaskan, peserta yang melakukan kegiatan projek P5 ini adalah kelas yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, yaitu Kelas 1 dan Kelas 4. Pemilihan tema makan bajamba ini, agar peserta didik mengetahui nilai nilai yang terkandung dalam kegiatan makan bajamba.

“Ini dibuat sebagai bentuk pengenalan kepada peserta didik, salah satu yang menjadi budaya di minang adalah makan bajamba, di mana terdapat nilai di dalamnya dan ini juga yg menjadi penilaian untuk peserta didik seperti adab makan, kerjasama, dan saling bertukar informasi,” Ungkap salah seorang guru kelas SDIT Dar el-Iman 1.

Peserta didik berkumpul dengan melingkari talam di tengah, duduk secara melingkar dan menunggu intruksi dari wali kelas untuk makan. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk pengambilan nilai peserta didik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Sumber : Kabasurau

Related Posts