VISI

Lembaga Yang Menyebarkan Da’wah di Sumatra Barat Khususnya dan di Indonesia pada Umumnya yang mengajak masyarakat kepada pemahaman agama yang benar sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah Berdasarkan Pemahaman Salafussholeh.

MISI

  1. Menyelenggarakan Kajian-kajian Ilmiah, dengan metode Tashfiyah (memurnikan ajaran islam dari segala bentuk kesyirikan, bid’ah, khurafat dan gerakan-gerakan serta pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran islam), dan Tarbiyah (mendidik) kaum muslimin berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman As-Salaf Ashsholeh.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Formal yang berbasis Islam (mulai dari TK, SD, SMP, SMA, PT), dan pendidikan Non-Formal yang sistematis (Tadribut Du’at, Pelatihan bhs Arab, Tahsinul Qur’an, MDA, Pusat Pembinaan Mullaf).
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan social (bantuan fakir miskin, bantuan bencana, santunan janda dan yatim).
  4. Menjalankan pengelolaan dana ummat serta usaha ekonomi produktif sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam mendukung dakwah Islam.

SEJARAH BERDIRINYA YAYASAN DAR EL IMAN

Da’wah salaf mulai menyebar di seluruh pelosok nusantara, yang disebarkan oleh para da’i yang telah menpelajari dan memahami da’wah salaf dengan baik. Diantara mereka adalah lulusan Universitas Islam Madinah(UIM), Riyadh dan Negara-negara lain di Negara-negara teluk dan LIPIA Jakarta. Tidak terkecuali para da’i yang rutin mengikuti kajian-kajian salaf di Jakarta dan sekitarnya bersama beberapa orang Ustadz Salaf, seperti Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawwaz, dll.

Alhamdulillah, setelah kembalinya beberapa orang da’i/ustadz ke kota Padang, maka terbentuklah majlis ta’lim dan diberi nama Majlis Ta’lim Ibnu Taimiyah. Melalui wadah inilah kajian salaf mulai tersebar di kota Padang. Atas usul dan inisiatif tiga orang da’i supaya membuat badan hukum, maka direncanakanlah berdirinya satu badan hukum yayasan dengan asumsi supaya kegiatan-kegiatan kedepan terpayungi oleh peraturan yang berlaku di Indonesia. Maka lahirlah YAYASAN DAR EL IMAN di hadapan notaris Dra. BUTET, SH dengan Akta No 1 (satu) tanggal 01 Mei 2006. Dan setelah memenuhi persyaratan, Yayasan Dar el-Iman pun telah mendapatkan legitimasi dari negara yaitu dengan keluarnya SK Menteri Hukum & dan HAM No.C-1231.HT.0102.TH2006.

Untuk pertama kali Yayasan Dar El Iman berkedudukan di Jl. Rasak no. 28 Lolong Ulak Karang Padang Utara, Padang 25136. Pada bulan Juni 2007 kantor yayasan pindah ke komplek PGAI Padang, dan pada bulan Oktober tahun 2009 Yayasan pindah kantor ke Jl.Sawahan Dalam V no. 3. Dan saat ini kantor Yayasan Dar el-Iman berlokasi di Jl. Gajah Mada Gang BPKP II No.Dalam, Kp. Olo, Kec. Nanggalo, Kota Padang, Sumatera Barat 25173 sejak tahun 2015 silam.