Divisi Keakhwatan

A. SEJARAH

Divisi keakhawatan berawal dari kajian mahasiswi yang diadakan di rumah Ustadz Muhammad Elvi Syam pada tahun 2006 – 2008. Kegiatan kajian adalah mempelajari bahasa arab, menghafal hadist arbain dan kitab umdatul ahkam. Pada tahun 2009, Kajian berpindah tempat dari rumah ustadz Muhammad Elvi Syam ke TKIT Dar El Iman Sawahan.

Pada akhir tahun 2009 terjadi gempa yang melanda kota Padang sehingga kajianpun di hentikan. Pada akhir tahun 2013, Kajian mahasiswi beralih menjadi kajian muslimah, berpindah tempat ke dalam rumah ustadz Muhammad Elvi Syam (sekarang) karena di rumah hubungan kekeluargaan, ukhuwah yang terjalin lebih terasa keakrabannya dan bagi akhawat/ummahat yang haid tidak terhalang untuk datang ke kajian. Karena peserta kajian bertambah banyak dan di dalam rumah tidak memadai maka kajian berpindah ke halaman rumah ustadz Muhammad Elvi Syam. Pada tahun 2018 Koordinator Keakhawatan berubah menjadi Divisi Keakhawatan.

Sampai sekarang ini telah banyak perkembangan yang terjadi di Divisi Keakhawatan seiring bertambahnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Agar setiap kegiatan menjadi lebih terfokus dan maksimal dibentuklah beberapa unit dibawah kepemimpinan ketua Divisi Keakhawatan. Unit-unit tersebut adalah Unit Kajian Muslimah, Unit Pendidikan, Unit Sosial, Unit Humas dan Unit Usaha.

B. VISI DAN MISI

VISI :

“Menjadi pusat da’wah muslimah di kota Padang pada khususnya dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya, yang mengajak muslimah kepada pemahaman agama yang benar sesuai dengan Al – Qur’an dan Sunnah berdasarkan pemahaman salafussholeh.”

MISI :

  • Menyelenggarakan kajian – kajian ilmiah khusus muslimah.
  • Menyelenggarakan pendidikan non formal tahsin al qur’an, tahfidz al qur’an dan bahasa arab khusus muslimah.

Menyelenggarakan kegiatan sosial (penyelenggaraan jenazah muslimah, takziah dan kunjungan sosial)

C. STRUKTUR ORGANISASI

D. UNIT – UNIT DIVISI KEAKHAWATAN

1). Unit Kajian Muslimah

VISI :

Menjadi wadah terlaksananya kajian-kajian Muslimah yang mengajak muslimah kepada pemahaman agama yang benar sesuai dengan Al – Qur’an dan Sunnah berdasarkan pemahaman salafussholeh

MISI :

  • Mengadakan Kajian Muslimah rutin setiap minggu
  • Mengadakan Tabligh Akbar Muslimah setiap tahun
  • Bersinergi  dengan Divisi Media dan  Divisi Dakwah Dar el Iman

2). Perangkat

Ketua Unit Kajian Muslimah : Miswarni. Tim Panitia Kajian Muslimah : 8 orang untuk kajian rutin mingguan dan 15 orang    untuk panitia tabligh akbar.

3). Program

a. Program Mingguan

  • Kajian Muslimah Rutin

Kajian muslimah dilaksanakan setiap hari Jumat pada pukul 14.00 wib di Sekretariat Divisi Keakhawatan. Kajian dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama membahas kitab tauhid dan sesi ke dua membahas tentang kitab fiqih ataupun materi tematik lainnya. Jumlah peserta kajian yang hadir, kurang lebih sekitar 150 orang yang terdiri dari akhawat dan ummahat dari kota Padang dan sekitarnya.

Alhamdulillah kajian Muslimah rutin ini tidak hanya dirasakan manfaatnya oleh peserta yang datang secara langsung, tetapi juga dirasakan oleh yang menyaksikan secara live streaming diseluruh Indonesia melalui media Surau TV dan DEI FM.

b. Program Tahunan :

  • Tabligh Akbar Muslimah

Tabligh akbar Muslimah dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu pada awal dan akhir tahun

LAINNYA
Open chat
Ada yang bisa dibantu?
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ada yang bisa kami bantu?