Profil

Biografi Muhammad Elvi Syam .Lc., M.A.

  • Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (2014 – 2019 dan 2019 – 2024) Anggota Majelis Tarjih DPW Muhammadiyah Sumatra Barat (2012 – 2017)
  • Anggota Asosiasi Radio dan Televisi Islam Indonesia (ARTVISI) (2017-2022) Ketua Umum Asosiasi Radio dan Televisi Islam Indonesia (ARTVISI) (2023-2028)
  • Dosen Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Jember (STDIIS) (2010 – 2012)
  • Dosen Universitas Islam Negeri Imam Bonjol di Sumatera Barat (2005 – 2017)
  • Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Pendidikan Ilmu Al-qur’an Padang (2018 – sekarang)
  • Penerima Penghargaan Pin Emas dari Wali Kota Padang sebagai 1 dari 11 tokoh masyarakat berpengaruh dibidang pendidikan untuk Sumatera Barat

Bismillahirrahmanirrahim.

Yayasan Dar el-Iman didirikan pada tahun 2006 di kota Padang, Sumatera Barat. Yayasan Dar el-Iman mempunyai kegiatan yang terfokus pada tiga hal yaitu :

  1. Dakwah
  2. Pendidikan
  3. Sosial

Dakwah, Yayasan Dar el-Iman menyediakan, menfasilitasi dan mengatur kegiatan pembelajaran yang tersistematis dan diselenggarakan di masjid al-Hakim yang terletak disamping kantor Yayasan Dar el-Iman. Kegiatan tersebut diadakan disetiap pekan dengan tema yang berbeda dan dibimbing oleh ustadz-ustadz dengan menggunakan kitab tertentu. Dan Yayasan Dar el-Iman juga menyelenggarakan Tabligh Akbar dengan mendatangkan ustadz yang terkenal di Indonesia. Dan Yayasan Dar el-Iman mengarahkan semua kemampuan untuk menyebarkan dakwah dengan berbagai macam wasilah seperti : radio dan telivisi.

Pendidikan, Yayasan Dar el-Iman memiliki 11 Sekolah dibawah naungan pemerintah mulai dari tingkat pendidikan TK sampai SMA, jumlah murid yang belajar di sekolah sekolah Yayasan Dar el-Iman 1900, untuk tahun ajaran baru jumlah murid mencapai 2200 Murid, kita melihat betapa besarnya keinginan masyarakat untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke Yayasan Dar elIman akan tetapi dengan keterbatasan kelas dan bangunan kita belum bisa memenuhi permintaan masyarakat.

Sosial, Yayasan Dar el-Iman beberapa program dalam membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat seperti ; Ambulance Gratis, yang mana mengantarkan orang yang sakit dari rumahnya ke rumah sakit dan begitu juga sebaliknya, begitu juga dalam penyelenggaraan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menshalati dan mengantarkan jenazah ke liang lahat. Banyak permintaan untuk mengantarkan jenazah ketempat yang jauh seperti diluar kota bahkan diluar provinsi yang jaraknya lebih dari 1000 kilometer, dan semua fasilitas ini gratis dinikmati oleh masyarakat. Kemudian menyiapkan bekal buka puasa bagi jama’ah dan orang umum yang berpuasa, baik puasa wajib maupun puasa sunnah (senin kamis), memberikan bantuan sembako bagi saudara saudara kita yang kurang mampu (fakir dan miskin) dan kita juga membagikan zakat kepada orang yang berhak dan juga bantuan untuk orang yang tertimpah musibah dalam rangka meringankan beban yang ditanggung. Dan saya mememohon kepada Allah menjadikan Yayasan Dar el Iman sebagai pelayan untuk islam dan muslimin dna untuk provinsi sumatara barat khususnya, dan menjadikan seluruh kegiatan murni karna Allah.

 وصىل هللا عىل نبينا محمد و عىل آله وصحبه أجمعين

Struktur Organisasi Yayasan Dar el-Iman

Visi

Menjadi lembaga yang menyebarkan da’wah di Sumatera Barat pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya yang mengajak masyarakat kepada pemahaman agama yang benar berdasarkan pemahaman salafussholeh sesuai dengan Al Qur’an dan Sunnah.

Misi

  1. Menyelenggarakan Kajian-kajian Ilmiah, dengan metode Tashfiyah (memurnikan ajaran islam dari segala bentuk kesyirikan, bid’ah, khurafat dan gerakan-gerakan serta pemikiran-pemikiran yang merusak ajaran islam), dan Tarbiyah (mendidik) kaum muslimin berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman As-Salaf Ashsholeh.
  2. Menyelenggarakan pendidikan Formal yang berbasis Islam (mulai dari TK, SD, SMP, SMA, PT), dan pendidikan Non-Formal yang sistematis (Tadribut Du’at, Pelatihan bhs Arab, Tahsinul Qur’an, MDA, Pusat Pembinaan Mullaf).
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan social (bantuan fakir miskin, bantuan bencana, santunan janda dan yatim).
  4. Menjalankan pengelolaan dana ummat serta usaha ekonomi produktif sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam mendukung dakwah Islam.

Recent Comments

Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
LAINNYA
Open chat
Ada yang bisa dibantu?
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ada yang bisa kami bantu?