Kutipan Harian, Edisi: Ahad, 13 Ramadhan 1445 H / 24 Maret 2024

waktu baca 2 menit
Sabtu, 23 Mar 2024 22:35 0 36 admin

โ™ป๏ธ Free Share โŒ No Crop ๐Ÿ“ฅ Download Poster

๐Ÿ”ฐ๐Š๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐š๐ง ๐‡๐š๐ซ๐ข๐š๐ง๐Ÿ”ฐ
๐Ÿ—“ ๐„๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐€๐ก๐š๐, ๐Ÿ๐Ÿ‘ ๐‘๐š๐ฆ๐š๐๐ก๐š๐ง ๐Ÿ๐Ÿ’๐Ÿ’๐Ÿ“ ๐‡ / ๐Ÿ๐Ÿ’ ๐Œ๐š๐ซ๐ž๐ญ ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’ ๐Œ
๐Ÿ“๐˜๐š๐ฒ๐š๐ฌ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ซ ๐ž๐ฅ-๐ˆ๐ฆ๐š๐ง

โ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ขโœฟโโœฟโ€ขโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ”ˆโ€ข

๐Ÿ“Œ๐Ÿ‘ ๐†๐Ž๐‹๐Ž๐๐†๐€๐ ๐˜๐€๐๐† ๐“๐ˆ๐ƒ๐€๐Š ๐€๐Š๐€๐ ๐ƒ๐ˆ๐€๐‰๐€๐Š ๐๐ˆ๐‚๐€๐‘๐€ ๐Ž๐‹๐„๐‡ ๐€๐‹๐‹๐€๐‡ ๐๐€๐ƒ๐€ ๐‡๐€๐‘๐ˆ ๐Š๐ˆ๐€๐Œ๐€๐“

Nabi Shalallahu alayhi wa salam bersabda :

โ€œAda tiga jenis manusia yang tidak akan diajak bicara oleh Allah pada hari Kiamat, tidak dipandang, dan tidak akan disucikan oleh Allah. Untuk mereka bertiga siksaan yang pedih. Itulah laki-laki yang isbal, orang yang mengungkit-ungkit sedekah dan orang yang melariskan barang dagangannya dengan sumpah palsuโ€. (HR. Muslim, 106)

Isbal artinya menjulurkan pakaian melebihi mata kaki bagi laki-laki

Larangan isbal terdapat dalam hadits lainnya :

1. โ€œJanganlah kalian mencela orang lain. Janganlah kalian meremehkan kebaikan sedikitpun, walaupun itu hanya dengan bermuka ceria saat bicara dengan saudaramu. Itu saja sudah termasuk kebaikan. Dan naikan kain sarungmu sampai pertengahan betis. Kalau engkau enggan, maka sampai mata kaki. Jauhilah isbal dalam memakai kain sarung. Karena isbal itu adalah kesombongan. Dan Allah tidak menyukai kesombonganโ€ (HR. Abu Daud 4084, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Sunan Abi Daud)

2. Aku (Ibnu Umar) pernah melewati Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam, sementara kain sarungku terjurai (sampai ke tanah). Beliau pun bersabda, โ€œHai Abdullah, naikkan sarungmu!โ€. Aku pun langsung menaikkan kain sarungku. Setelah itu Rasulullah bersabda, โ€œNaikkan lagi!โ€ Aku naikkan lagi. Sejak itu aku selalu menjaga agar kainku setinggi itu.โ€ Ada beberapa orang yang bertanya, โ€œSampai di mana batasnya?โ€ Ibnu Umar menjawab, โ€œSampai pertengahan kedua betis.โ€ (HR. Muslim no. 2086)

Refrensi : muslimorid


๐Ÿ“ช Telegram :
t.me/DarelimanOfficial
๐Ÿ“ท Instagram :
instagram.com/ydeiorid
๐Ÿ“ท Facebook :
facebook.com/dareliman
๐ŸŒ Website :
dareliman.or.id

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recent Comments

    Tidak ada komentar untuk ditampilkan.
    LAINNYA
    Open chat
    Ada yang bisa dibantu?
    Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Ada yang bisa kami bantu?