๐๐ฎ๐ญ๐ข๐ฉ๐๐ง ๐๐๐ซ๐ข๐๐ง
๐๐๐ข๐ฌ๐ข : ๐๐๐ฅ๐๐ฌ๐, ๐๐ ๐๐ฎ๐ฆ๐๐๐ข๐ฅ ๐๐ฅ๐ ๐๐๐๐ ๐ / ๐๐ ๐๐จ๐ฏ๐๐ฆ๐๐๐ซ ๐๐๐๐ ๐
๐๐๐ฒ๐๐ฌ๐๐ง ๐๐๐ซ ๐๐ฅ-๐๐ฆ๐๐ง
โขโโโโโขโฟโโฟโขโโโโโข
๐๐ ๐๐๐๐ก ๐ง๐๐ฅ๐๐๐ก๐ง๐จ๐ก๐ ๐ฃ๐๐๐ ๐๐๐๐๐ฅ๐ก๐ฌ๐
Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.
Ambillah Pelajaran
Semoga kita bisa mengambil pelajaran dari hadits berikut.
ุนููู ุณููููู ุจููู ุณูุนูุฏู ุงูุณููุงุนูุฏูููู ููุงูู ููุธูุฑู ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ุฅูููู ุฑูุฌููู ููููุงุชููู ุงููู
ูุดูุฑูููููู ุ ููููุงูู ู
ููู ุฃูุนูุธูู
ู ุงููู
ูุณูููู
ูููู ุบูููุงุกู ุนูููููู
ู ููููุงูู ยซ ู
ููู ุฃูุญูุจูู ุฃููู ููููุธูุฑู ุฅูููู ุฑูุฌููู ู
ููู ุฃููููู ุงููููุงุฑู ููููููููุธูุฑู ุฅูููู ููุฐูุง ยป . ููุชูุจูุนููู ุฑูุฌููู ููููู
ู ููุฒููู ุนูููู ุฐููููู ุญูุชููู ุฌูุฑูุญู ุ ููุงุณูุชูุนูุฌููู ุงููู
ูููุชู . ููููุงูู ุจูุฐูุจูุงุจูุฉู ุณููููููู ุ ููููุถูุนููู ุจููููู ุซูุฏููููููู ุ ููุชูุญูุงู
ููู ุนููููููู ุ ุญูุชููู ุฎูุฑูุฌู ู
ููู ุจููููู ููุชููููููู . ููููุงูู ุงููููุจูููู โ ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
โ ยซ ุฅูููู ุงููุนูุจูุฏู ููููุนูู
ููู ูููู
ูุง ููุฑูู ุงููููุงุณู ุนูู
ููู ุฃููููู ุงููุฌููููุฉู ุ ููุฅูููููู ููู
ููู ุฃููููู ุงููููุงุฑู ุ ููููุนูู
ููู ูููู
ูุง ููุฑูู ุงููููุงุณู ุนูู
ููู ุฃููููู ุงููููุงุฑู ูููููู ู
ููู ุฃููููู ุงููุฌููููุฉู ุ ููุฅููููู
ูุง ุงูุฃูุนูู
ูุงูู ุจูุฎูููุงุชููู
ูููุง ยป
Sahl bin Saโad As-Saโidi berkata bahwa Nabi shallallahu โalaihi wa sallam pernah melihat ada yang membunuh orang-orang musyrik dan ia merupakan salah seorang prajurit muslimin yang gagah berani. Namun anehnya beliau malah berujar, โSiapa yang ingin melihat seorang penduduk neraka, silakan lihat orang ini.โ Kontan seseorang menguntitnya, dan terus ia kuntit hingga prajurit tadi terluka dan ia sendiri ingin segera mati (tak kuat menahan sakit, pen.). Lalu serta merta, ia ambil ujung pedangnya dan ia letakkan di dadanya, lantas ia hunjamkan hingga menembus di antara kedua lengannya.
Selanjutnya Nabi shallallahu โalaihi wa sallam bersabda :
“Sungguh ada seorang hamba yang menurut pandangan orang banyak mengamalkan amalan penghuni surga, namun berakhir menjadi penghuni neraka. Sebaliknya ada seorang hamba yang menurut pandangan orang melakukan amalan-amalan penduduk neraka, namun berakhir dengan menjadi penghuni surga. Sungguh amalan itu dilihat dari akhirnya.”
HR. Bukhari, no. 6493
Dalam riwayat lain disebutkan,
ููุฅููููู
ูุง ุงูุฃูุนูู
ูุงูู ุจูุงููุฎูููุงุชููู
ู
โSesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya.โ (HR. Bukhari, no. 6607)
Amalan yang dimaksud di sini adalah amalan shalih, bisa juga amalan jelek. Yang dimaksud โbil khawatimโ adalah amalan yang dilakukan di akhir umurnya atau akhir hayatnya.
Az-Zarqani dalam Syarh Al-Muwathaโ menyatakan bahwa amalan akhir manusia itulah yang jadi penentu dan atas amalan itulah akan dibalas. Siapa yang beramal jelek lalu beralih beramal baik, maka ia dinilai sebagai orang yang bertaubat. Sebaliknya, siapa yang berpindah dari iman menjadi kufur, maka ia dianggap murtad.
Oleh karenanya, penting sekali amalan yang kontinu dan menjadi akhir hidup dengan penutup terbaik yaitu husnul khatimah.
โขโโโโโขโฟโโฟโขโโโโโข
Silakan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.
_
Telegram :
t.me/DarelimanOfficial
Instagram :
instagram.com/ydeiorid
Facebook :
facebook.com/dareliman
Website :
dareliman.or.id
Tidak ada komentar